This is Delphi, A free premium blogger theme for you.

Sabtu, 29 Oktober 2011

Pulang dari kampus tadi saya sempat mampir ke salah satu swalayan di dekat rumah...
Saya membeli 1 ekor ayam, kentang, cabe hijau, dan beberapa cemilan (hhe...)
Oke malem ini saya akan memasak "Ayam Pop Cabe Ijo"

Lazimnya sih ayam pop yang ada di rumah makan padang biasanya tidak disajikan dengan sambal ijo tapi lebih dengan sambal merah. Seperti yang disajikan di Simpang Raya atau Sederhana. Kira-kira kaya gini deh penampakannya :



What about me?? Saya gak punya cabe merah sama sekali, i'm totally forgot to buy it , what should i do??
Ok,,,it's time to make something new...

Pertama yang saya lakukan adalah mencuci bersih ayam yang tadi saya beli (berhubung udah di potong-potong di sana jadi saya gak usah capek-capek motongin lagi). Trus saya rendam ayam menggunakan cuka dan garam - oh iya, saya tidak menggunakan campuran air sama sekali untuk cukanya dan saya menggunakan cuka yang cukup banyak hingga ayam dapat terendam dalam larutan cuka tersebut. Udah gitu biarin ayam selama beberapa lama, kurang lebih 45 menit sampai 1 jam gitu deh (tujuannya biar daging ayamnya lembut).
Sementara nungguin si ayamnya, saya 'memblender' bahan-bahan sambel. Nah untuk campuran sambelnya... Saya menggunakan cabe ijo, bawang merah sama daun jeruk (daun jeruk bikin sambel jadi lebih wangi dan menggugah selera...slruuupp).
Nah udah setelah si bahan-bahan sambelnya halus, sekarang kita pindah lagi ke ayam...
Ambil wajan trus masukin minyak goreng dengan jumlah cukup banyak,,, trus ayamnya langsung di masukkan ke dalam minyak goreng tadi (nah klo masak ayam pop, kita gak perlu nungguin minyak gorengnya panas - biar ayamnya jadi warna putih bukan kecoklatan kaya ayam goreng :D ). Setelah ayamnya matang,,tiriskan dulu..
Nah kita balik lagi ngolah sambel tadi,, Saya bakal ngegoreng bahan-bahan sambel yang udh dihaluskan tadi. Hmmm,,,biar lebih enak kita goreng pake minyak goreng bekas ngegoreng ayam tadi yaa... Cemplungin semua bahan-bahan ke minyak goreng yang udah panas, sambil diaduk-aduk masukin garam sesuai selera plus gula (saya gak suka make msg soalnya :D ). Aduk terus sampe mendidih, nah udh gitu potong-potong tomat merah jadi bentuk dadu dan masukin ke dalam sambel tadi. Masak bentar sampe tomatnya rada layu. Truuuusss,,,masukin deh ayam pop yang tadi ke sambel ijo-nya dan Voilaaa :D (begini deh penampakannya) hhe


0 komentar:

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Me just me,,,on my way to actualize my self...