This is Delphi, A free premium blogger theme for you.

Jumat, 03 Agustus 2012

              Seperti yang kita tahu semua bahwa ayam adalah makanan yang bisa dikatakan menjadi favorite bagi kebanyakan orang Indonesia. Banyak sekali makanan olahan ayam yang ada di Indonesia, mulai dari Indonesia Food, Asian Food, Western bahkan Indian Food.
              Kali ini saya akan mengupas tentang cara meng"ungkep" ayam. Dikarenakan jadwal saya dan adik-adik saya yang cukup padat dengan aktivitas perkuliahan kami, maka saya sedikit kesulitan bila harus setiap hari berbelanja ke pasar untuk bahan makanan. Oleh karenanya saya selalu menyimpan ayam yang sudah di ungkep di dalam kulkas, sehingga nantinya adik-adik saya juga akan mudah untuk mengolah ayam tersebut.
             Ada bermacam-macam bumbu yang dipergunakan oleh orang-orang untuk meng"ungkep" ayam, ada yang menggunakan bumbu kunyit seperti di warung nasi ataupun warung tenda di daerah sekitar tempat tinggal saya yaitu Bandung. Akan tetapi, saya pribadi lebih menyukai bumbu "ungkep" ala mama.

Berikut Bahan-bahannya :
1 ekor ayam yang sudah di potong-potong, bisa jadi 10 atau 12 tergantung selera
2 lbr daun salam
3 biji asam jawa (diencerkan dengan air)
Bawang merah (dihaluskan)
Garam


Cara membuatnya :
Cucilah ayam hingga bersih, lalu masukkan ayam ke dalam panci, lalu campurkan bawang merah yang sudah dihaluskan dengan garam dan tambahkan air asam jawa. Isilah panci dengan air hingga menutupi ayam, lalu masukkan daun salam. Tutup panci dan panaskan denga api kecil, tunggulah hingga kurang lebih 20 menit. Setelah ayam matang, matikan kompor dan tunggulah ayam hingga benar-benar dingin lalu masukkan ke wadah dan tutup wadah tersebut lalu masukkan ke dalam kulkas. Ayam "ungkep" anda pun selesai dan bisa dinikmati kapan saja dengan tinggal menggorengnya atau dengan kreasi lain.

Mudah banget kan,,, Jangan lupa coba di rumah ya :)


1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih buat infonya ya Mba.
tp sy mw tanya, bawang merah yang dihaluskan, brp byk ya?
makasih Mba.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Me just me,,,on my way to actualize my self...